Kegiatan Posyandu dan Bina Keluarga Balita Bersama KKN-IK IAIN KUDUS 2021

Kegiatan posyandu merupakan kegiatan rutin yang diadakan tanggal 14 tiap bulannya di desa pesagen. Kegiatan ini untuk balita usia 0-3 tahun yang bertujuan untuk menjaga kesehatan ibu dan anak sekaligus memantau pertumbuhan si kecil. Diantara yang terlibat dalam kegiatan posyandu adalah Bidan Desa dan Ibu-ibu kader desa pesagen dengan dibantu oleh mahasiswi Kkn-ik Iain Kudus.

Posyandu(Pos Layanan Terpadu) bertujuan untuk memantau perkembangan sekaligus mengidentifikasi adanya gangguan pertumbuhan sejak dini. Diantara kegiatan yang dilakukan dalam posyandu adalah penimbangan balita dan pemberian imunisasi pada balita. Tiap bulannya balita ditimbang berat dan tingginya untuk mengetahui tumbuh kembangnya, apakah mengalami kenaikan atau justru penurunan. Untuk yang berusia di bawah 1 tahun, selain penimbangan berat badan dan tinggi badan juga ada imunisasi.

Imunisasi yang wajib dilakukan oleh anak usia di bawah 1 tahun ada 5 jenis, yaitu imunisasi hepatitis B, polio, BCG, campak, dan DPT-HB-HiB. Selain kegiatan di atas terdapat juga pemantauan status gizi pada balita. Melalui kegiatan pemantauan gizi, posyandu berperan penting dalam mencegah risiko stunting pada anak.

Pelayanan gizi di posyandu meliputi pengukuran berat dan tinggi badan, deteksi dini gangguan pertumbuhan, penyuluhan gizi, dan pemberian suplemen. Posyandu juga dapat menjadi sarana bagi para ibu untuk menambah pengetahuan dan berbagi pengalaman tentang kesehatan ibu dan anak, baik dengan petugas kesehatan maupun dengan peserta posyandu lainnya. Dengan pengetahuan yang baik, diharapkan kualitas kesehatan ibu dan anak dapat meningkat.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan